Jumat, 07 Juni 2013

pulang kampuang



eee. lah tibo lo hari rayo liak,
pulang kampuang ciek lu, danga an dih  da
wak punyo carito ko ha,,

gw masih ingat waktu masih kecil
sifat masih tengil, ku pun sering kena centil.
ama bundo kanduang yg amat gw sayang,
walau acok kanai berang, jarang kanai lanmpang.

ini terjadi setiap pergi piknik,
di mobil gw heboh yg berisik,
dari situ aja gw sering kena bentak,
gara2 nyahutin gadis yg rancak2 pakai tengkotak,
kata nyokap kamu itumanusia yg punya adat,
jg berbuat yg nggak2, nanti kamunya bakal saya setrap,
 cobalah berpikir setiap mau bertindak
itulah ciri2 dr orang yg bijak.
baju pun dilipat, segera bersiap2 mudik ke kampung di sumatra barat..

awak pulang kampuang da,kangen ayah bundo da
awak sadang lapa da, nasi tambuah ciek da.

naiak bus ac tujuan ke padang,
pengen kumpul bareng disaat lebaran,
lamaknyo makan katupek jo lamang tapai,
sudah tu makan nasi jo ayam gulai..
dg melihat gelak tawa si ayam
menghilangkan hati ini dari rasa susah,
tinggal d kota bikn hati gampang marah,
mungkin karna penuh sesak,yg bikin gerah,

itulah yg terbayang di blm perjalanan.
buat ilangin rasa mual yg memabukkan.
gw paliang ngk bisa kl jadi penumpang.
tp gw di larang nyetir mobil sendiriian,
kayaknya gw ngk jauh dr keberuntungan
di samping gw udah duduk gadis menawan,
setelah kenalan gw berbincang2,
karna  enak badan ni jadi senderan..

awak pulang kampuang da,kangen ayah bundo da
awak sadang lapa da, nasi tambuah ciek da.

pas sampai d tujuan,di sambut  senyuman
oleh adik kecil dan langsung berpelukan,
yg lain menuggu di rumah,
di bilangnya, makanan bnyk di rumah, kita pesta,

dan  gadis yang td barengan d bus,
memberi slama pisah dg sebuah kis,
dia bilang jangan siakan kenangan manis,
kayanya mlm minggu bsk bakal romantis,

dan ternyata tak  jauh dari harapan,
di rumah gw temukan kehangatan.
bundo tersayang tersenyum riang,
ayah tersayang  tersenyum riang..
adik2 ku menyambut dg pelukan,
dan hati ini pun terasa amat tenang
letih dari perjalanan terasa hilang,
sambil menyantap rendang sampai kenyang.


 BY: Bagindo

disadur dari tulisan fb
jakarta, 24 juni 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar